Selasa, 09 November 2010

SISTEM INFORMASI MANAJEMEN


PT. AIR SURYA RADIATOR
Jl. Mawar Rt 04/02 No. 88
Mustikajaya Bekasi 17156
www.ptasr.co.id
marketing@ptasr.co.id


BAB I
PENGANTAR SISTEM INFORMASI BERBASIS KOMPUTER


1. KONSEP SISTEM MANAJEMEN INFORMASI SEBAGAI SUMBER DAYA

Banyak organisasi yang ingin membangun sistem Informasi Manajemennya sendiri, dan telah menyediakan dana yang cukup, tetapi ternyata usaha tersebut sering kali gagal. Penyebabnya antara lain ialah: struktur organisasi keseluruhan yang kurang wajar, rencana organisasi keseluruhan yang belum memadai, personil sistem yang tidak memadai, dan yang terpenting adalah kurangnya partisipasi manajemen dalam bentuk keikutsertaan para manajer dalam merancang sistem, mengendalikan upaya pengembangan sistem dan memotivasi seluruh personil yang terlibat. Sebelum membahas konsep sistem Informasi Manajemen lebih lanjut, berikut ini akan diberikan definisi ringkas dan formal dari sistem Informasi Manajemen yaitu: “serangkaian sub-sistem informasi yang menyeluruh dan terkoordinasi yang secara rasional mampu menstransformasikan data sehingga menjadi informasi dengan berbagai cara guna meningkatkan produktivitas yang sesuai dengan gaya dan sifat manajer”.

Konsep Dasar Manajemen Informasi

Teknologi informasi, termasuk sistem informasi berbasis internet, memainkan peranan penting dalam bisnis. Teknologi informasi dapat membantu segala jenis bisnis, meningkatkan efisiensi dan efektifitas proses bisnis mereka, pengambilan keputusan manajerial, dan kerjasama kelompok kerja, hingga dapat memperkuat posisi kopentitif mereka dalam pasar yang cepat sekali berubah. Hal ini berlaku ketika teknologi informasi digunakan untuk mendukung tim pengembangan produk, proses dukungan untuk pelanggan, transaksi e-commerce, atau dalam aktivitas bisnis lainnya. Gambar berikut memperlihatkan kerangka kerja konseptual yang berguna untuk mengatur pengetahuan yang disajikan dan memberi garis besar tentang hal yang perlu diketahui mengenai system informasi.

Kerangka kerja tersebut dipusatkan kedalam 5 area pengetahuan SI berikut in.

1. Konsep konsep dasar

Konsep dasar keprilakuan, teknis, bisnis, dan manajerial termasuk mengenai berbagai komponen dan peran sistem informasi. Contohnya meliputi konsep sistem informasi dasar yang berasal dari teori sistem umum, atau konsep keunggulan kompetitif yang digunakan untuk mengembangkan aplikasi bisnis teknologi informasi dalam keunggulan kompetitif.

2. Teknologi informasi

Konsep – konsep utama, pengembangan, dan berbagai isu manajemen teknologi informasi yaitu meliputi hardware, software, jaringan, manajemen data, dan banyak teknologi berbasis internet.

3. Aplikasi bisnis

Penggunaan utama dari sistem informasi untuk operasi, manajemen dan keunggulan kompetitif bisnis.

4. Proses pengembangan

Bagaimana para praktisi bisnis dan pakar informasi merencanakan, mengembangkan, dan mengimplementasikan sistem informasi untuk memenuhi peluang bisnis.

5. Tantangan manajemen

Tantangan untuk secara efektif dan etis mengelola teknologi informasi pada tingkat pemakai akhir, perusahaan, dan global dalam bisnis.

Sumber Daya Sistem Informasi

Sistem informasi terdiri dari 5 sumber daya dasar, yaitu: Manusia, Hardware, Software, Data dan Jaringan. Dibawah ini merupakan contoh Sumber daya sistem informasi dan produknya, meliputi:

1. Sumber daya manusia

Pemakai akhir merupakan orang orang yang menggunakan sistem informasi atau informasi yang dihasilkan sistem tersebut. Mereka berupa pelanggan, tenaga penjualan, teknisi, staff administrasi, akuntan dan para manajer. Para pakar merupakan orang orang yang mengembangkan dan mengoperasikan sistem informasi. Mereka meliputi sistem analis, pembuat software, operator sistem.

2. Sumber daya hardware

Dapat digolongkan menjadi: Mesin dan Media.

3. Sumber daya software

* Software sistem, seperti program sistem operasi, yang mengendalikan serta mendukung operasi sistem computer.
* Software aplikasi, yang memprogram pemrosesan langsung bagi penggunaan tertentu komputer oleh pemakai akhir. Contohnya, program analisis penjualan, program pengolahan kata dan program penggajian.
* Prosedur, yang mengoperasikan perintah bagi orang orang yang akan menggunakan sistem informasi. Contohnya, prosedur entri data, prosedur untuk memperbaiki kesalahan, prosedur pendistribusian cek gaji.

4. Sumber daya data

Termasuk deskripsi produk, catatan pelanggan, file kepegawaian, database persediaan.

5. Sumber daya jaringan

Media komunikasi, pemroses komunikasi, software untuk akses dan pengendalian jaringan.
2. PENGGUNA INFORMASI DIPANDANG DARI TINGKAT MANAJEMEN DAN AREA FUNGSIONAL PERUSAHAAN
3. KONSEP SISTEM, DATA DAN INFORMASI

Realitas Sistem Informasi (SI)

Sejak permulaan peradaban, Orang bergantung pada sistem informasi untuk berkomunikasi antara satu dengan yang lain dan dengan menggunakan berbagai jenis instrumen/alat fisik (hardware), perintah dan prosedur pemrosesan informasi (software), saluran komunikasi (jaringan) dan data yang di simpan (sumber daya data).

Pengertian Tentang Sistem Informasi (SI)

* Sistem Informasi merupakan suatu kombinasi teratur dari orang-orang, hardware, softwarejaringan komunikasi dan sumber daya data yang mengumpulkan, mengubah, dan menyebarkan informasi dalam sebuah organisasi.
* Sistem Informasi adalah satu Kesatuan data olahan yang terintegrasi dan saling melengkapi yang menghasilkan output baik dalam bentuk gambar, suara maupun tulisan.
* Sistem informasi adalah sekumpulan komponen pembentuk sistem yang mempunyai keterkaitan antara satu komponen dengan komponen lainnya yang bertujuan menghasilkan suatu informasi dalam suatu bidang tertentu.

Tetapi Pengertian Sistem Informasi Secara umum merupakan kegiatan atau aktifitas yang melibatkan serangkaian proses dan berisi informasi-informasi yang digunakan untuk mencapai tujuan.

Konsep – Konsep Dasar Sistem Informasi (SI)

Sumber Daya Sistem Informasi dan Produknya

1. Sumber Daya Manusia (SDM)

* Para Pakar : Sistem Analis, Pembuat Software dan Sistem Operator.
* Pemakai Akhir (End User) : Orang Lain Yang Menggunakan Sistem Informasi.

2. Sumber Daya Hardware

* Mesin : Komputer, Monitor Video, disk drive magnetis, printer, dll.
* Media : Floppy disk magnetic tape, formulir kertas dan kartu plastik.

3. Sumber Daya Software

* Program : Program sistem operasi, program spreadsheets, program word prcessing dan program penggajian.
* Prosedur : Prosedur entri data, prosedur perbaikan kesalahan dan prosedur dan pendistribusian cek gaji.

4. Sumber Daya Data : Deskripsi produk, Catatan Pelanggan, file kepegawaian dan database

persedian.

5. Sumber Daya Jaringan : Media Komunikasi, pemrosesan komunikasi, software untuk akses

pengendalian jaringan.

Arsitektur Informasi Yang Mendukung Tujuan

Ada beberapa definisi tentang arsitektur informasi :

* Arsitektur informasi adalah bentuk khusus yang menggunakan teknologi informasi dalam organisasi untuk mencapai tujuan-tujuan atau fungsi-fungsi yang telah dipilih. (Laudon 1998).
* Arsitektur Informasi adalah desain sistem komputer secara keseluruhan (termasuk sistem jaringan) untuk memenuhi kebutuhan-kebutuhan organisasi yang spesifik. (Zwass.1998).

Ada 3 Macam Arsitektur Informasi Yang Mendukung Tujuan Diantaranya adalah :

* Arsitektur Tersentralisasi

Arsitektur ini sudah dikenal semenjak tahun 1960-an dengan mainframe sebagai faktor utama. Mainframe adalah komputer yang berukuran relatif besar yang ditujukan untuk menangani data yang berukuran besar,dengan ribuan terminal untuk mengakses data dengan tanggapan yang sangat cepat dan melibatkan jutaan transaksi.

* Arsitektur Desentralisasi

Arsitektur desentralisasi merupakan konsep dari pemrosesan data tersebar (terdistribusi). Sistem pemrosesan data terdistribusi (atau biasa disebut sebagai komputasi tersebar) sebagai sistem yang terdiri atas sejumlah komputer yang tersebar pada berbagai lokasi yang dihubungkan dengan sarana telekomunikasi dengan masing-masing komputer mampu melakukan pemrosesan yang serupa secara mandiri, tetapi bisa saling berinteraksi dalam pertukaran data.

* Arsitektur Client/Server

Pada arsitektur ini ada sebagian yang disebut client dan ada yang disebut server. Server adalah sistem atau proses yang menyediakan data atau layanan yang diminta oleh client. Secara fisik sebuah server dapat berupa komputer (mainframe, mini – komputer, workstation ataupun PC) atau piranti lain (misalnya printer).

Client mempunyai kemampuan untuk melakukan proses sendiri. Ketika sebuah client meminta suatu data ke server, server akan segera menanggapinya dengan memberikan data yang diminta ke client bersangkutan. Setelah diterima client segera melakukannya.

4. EVOLUSI SISTEM INFORMASI BERBASIS KOMPUTER

* Fokus awal pada data, Pengolahan Data Elektronik (EDP) kemudian berubah menjadi Data prosesing (DP) dan Sistem Informasi Akuntansi (S IA).
* Fokus baru pada informasi, Konsep penggunaan komputer sebagai S IM.

* Fokus revisi pada pendukung keputusan, Sistem pendukung keputusan
* Fokus pada Komunikasi, perhatian difokuskan pada otomatisasi kantor
* Fokus potensial pada konsultasi, contoh Sistem Pakar

5. MODEL SISTEM INFORMASI BERBASIS KOMPUTER

Model dari Computer Based Information System (CBIS)

Manajer membuat keputusan untuk memecahkan masalah dengan menggunakan informasi. Informasi disajikan secara lisan atau tulisan oleh suatu pengolah informasi. Porsi komputer dalam pengolah informasi terdiri dari tiap area aplikasi yang berbasis komputer – SIA, SIM, DSS, OA, dan ES. Sistem informasi berbasis komputer (computer-based information system) atau CBIS digunakan untuk menggambarkan lima subsistem yang menggunakan computer, yaitu :

1. Sistem Informasi Akuntansi (S IA)

Sebuah sistem informasi yang menangani segala sesuatu yang berkenaan dengan Akuntansi.

Fungsi penting yang dibentuk S IA pada sebuah organisasi antara lain:

* Mengumpulkan dan menyimpan data tentang aktivitas dan transaksi
* Memproses data menjadi informasi yang dapat digunakan dalam proses pengambilan keputusan
* Melakukan kontrol secara tepat terhadap aset organisasi

2. Sistem Pendukung Keputusan (Decision Support S ystem)

* Suatu sistem yang berbasis computer secara terpadu, yang dirancang untuk membantu para manajer dalam aktivitas sehari-hari. Terutama dalam aktivitas pengambilan keputusan
* Suatu proses memasukkan beberapa aspek dari mekanisme keputusan ke dalam SIM, sehingga pengambilan keputusan pada dasarnya hanyalah tinggal memilih saja

3. Sistem Informasi Manajemen

* Merupakan sistem informasi yangmenghasilkan hasil keluaran (output) dengan menggunakan masukan (input) dan berbagai proses yang diperlukan untuk memenuhi tujuan tertentu dalam suatu kegiatan manajemen
* Sistem informasi Manajemen adalah serangkaiansub sistem informasi yang menyeluruh dan terkoordinasi dan secara rasional terpadu yang mampu mentransformasi data sehingga menjadi informasi lewat serangkaian cara guna meningkatkan produktivitas yang sesuai denganmgaya dan sifat manajer atas dasar kriteria mutu yang telah ditetapkan.

4. Otomatisasi Kantor

* Sebuah rencana untuk menggabungkan teknologi tinggi melalui perbaikan proses pelaksanaan pekerjaan demi meningkatkan produktifitas pekerjaan.
* Semua sistem elektronik formal dan informal terutama yang berkaitan dengan komunikasi informasi kepada dan dari orang yang berada didalam maupun diluar perusahaan.

5. Sistem Pakar

* Sistem pakar adalah suatu program komputer yangmengandung pengetahuan dari satu atau lebih pakar manusia mengenai suatu bidang spesifik. Jenis program ini pertama kali dikembangkan oleh periset kecerdasan buatan pada dasawarsa 1960-an dan 1970-an dan diterapkan secara komersial selama 1980-an.
* Bentuk umum sistem pakar adalah suatu program yang dibuat berdasarkan suatu set aturan yang menganalisis informasi (biasanya diberikan oleh pengguna suatu sistem) mengenai suatu kelas masalah spesifik serta analisis matematis dari masalah tersebut.
* Tergantung dari desainnya, sistem pakar juga mampu merekomendasikan suatu rangkaian tindakan pengguna untuk dapat menerapkan koreksi. S istem ini memanfaatkan kapabilitas penalaran untuk mencapai suatu simpulan.


Kasus 1

Permasalahan Kasus
FREEWAY FORD
Anda seornag wiraniaga Automobile Software, Inc., suatu perusahaan nasional yang memasarkan suatu paket perangkat lunak untuk digunakan oleh dealer mobil. Suatu hari selagi Anda berbicara dengan James Kahler, manajer penjualan Freeway Ford, Anda mengetahui bahwa perusahaannya memiliki masalah dengan persediaannya. Catatan manual yang mereka buat tidak mencerminkan secara akurat status persediaan – jumlah dan jenis mobil dan truk di pelataran. Saat pengiriman baru tiba, diperlukan beberapa hari untuk memperbarui catatan persediaan. Seorang wirauniaga mungkin mendapatkan pembeli yang menginginkan suatu mobil tertentu, dan mungkin mobil tersebut baru diterima dan ada di pelataran, tetapi wiraniaga ini tidak dapat mengetahuinyaa. Sebuah penjualan gagal karena informasi yang buruk. Masalah lain timbul ketika dua wiraniaga menjual mobil yang sama kepada dua pembeli. Hal ini terjadi karena catatan persediaan tidak segera diperbarui setelah suatu penjualan.

Anda tahu bahwa paket perangkat lunak Anda, yang disebut SMART (Sales Management for Automobile Retail Trade), dapat memecahkan permasalahan ini. Dengan SMART, suatu dealer dapat memperbarui catatan komputernya begitu suatu pengiriman tiba atau suatu penjualan terjadi. Catatan computer selalu mencerminkan secara tepat apa yang terdapat di pelataran. Biaya perangkat lunak dan perangkat keras sangat terjangkau oleh sebuah dealer mobil baru.

Langkah Anda selanjutnya adalah mendekati direktur Freeway Ford yang baru, Phil Rain, dan melancarkan penjualan. Saat Anda menelepon Phil untuk menjelaskan produk Anda, ia menolong Anda dan berkata : “ Dengar, saya masih baru dalam jabatan ini. Saya baru lulus dari suatu universitas ternama di Pesisir Pasifik, dengan kesarjanaan dalam teori sistem. Jika Anda dapat menjelaskan bagaimana produk Anda dapat membantu kami, dalam istilah – istilah system, saya pikir saya dapat mengerti. Sekarang, jelaskanlah.”

TUGAS
Jelaskan, dalam istilah – istilah sistem, bagaimana SMART dapat menguntungkan Freeway Ford.



BAB II
TEKNOLOGI INFORMASI SEBAGAI KEUNGGULAN KOMPETITIF


1. PERUSAHAAN DALAM LINGKUNGANNYA

Perusahaan dalam lingkungannya :

Sumberdaya :

- pelanggan
- pemasok
- pesaing
- pemegang saham
- pemerintah
- masyarakat keuangan
- masyarakat global

2. KEUNGGULAN KOMPETITIF

Suatu perusahaan dikatakan memiliki keunggulan kompetitif ketika perusahaan tersebut mempunyai sesuatu yang tidak dimiliki pesaing, melakukan sesuatu lebih baik dari perusahaan lain, atau mampu melakukan sesuatu yang tidak mampu dilakukan oleh perusahaan lain.

Tahapan Model Resource-Based

* Mengidentifikasi sumber daya perusahaan
* Tentukan kapabilitas perusahaan
* Tentukan bagaimana sumber daya dan kapabilitas perusahaan dapat menciptakan keunggulan kompetitif
* Lokasikan suatu industri dengan peluang yang dapat dieksploitasi
* Pilih strategi terbaik untuk mengeksploitasi sumber daya dan kapabilitas dalam lingkungan industri
* Mengimplementasikan strategi yang dipilih agar mengungguli pesaing dan memperoleh penghasilan di atas rata-rata industri

Model Gerilya

* Berbagai macam gangguan yang signifikan dan tidak diperkirakan sebelumnya dapat menghambat perusahaan dalam mencapai keunggulan kompetitif yang berkelanjutan
* Sebuah organisasi yang berhasil harus pandai dalam menyesuaikan dengan setiap perubahan yang terjadi

Hiperkompetisi dalam Model Gerilya

* Hiprkompetisi yaitu lingkungan bisnis yang diwarnai dengan perubahan terus-menerus
* Untuk memenangkan persaingan dalam lingkungan yang hiperkompetitif, diperlukan visi terhadap perubahan dan gangguan, kapabilitas, dan taktik

3. PERENCANAAN STRATEGI PERUSAHAAN

Perencanaan stratejik hadir sekitar pertengahan tahun 1960-an dan para pimpinan perusahaan mengakui bahwa perencanaan stratejik merupakan ”the one best way” untuk memutuskan dan mengimplementasikan strategi yang dapat meningkatkan kompetitif pada setiap unit bisnis. Seperti yang diungkapkan oleh ahli penelitian Frederick Taylor, perencanaan stratejik merupakan cara yang melibatkan pemikiran melalui sebuah karya, penciptaan dari fungsi manajemen staf baru yaitu munculnya ahli perencanaan. Dimana sistem perencanaan ini merupakan strategi yang bagus sebagai suatu tahapan strategi yang akan diterapkan para pelaku bisnis, manajer perusahaan dan mengarahkan agar tidak membuat kekeliruan (Mintzberg,H.1994).

Menurut (Allison, Kaye,2005) definisi perencanaan stratejik adalah proses sistematik yang disepakati organisasi dan membangun keterlibatan diantara stakeholder utama-tentang prioritas yang hakiki bagi misinya dan tanggap terhadap lingkungan operasi.

Perencanaan stratejik khususnya digunakan untuk mempertajam focus organisasi, agar semua sumber organisasi digunakan secara optimal untuk melayani misi organisasi itu. Artinya bahwa perencanaan stratejik menjadi pedoman sebuah organisasi harus tanggap terhadap lingkungan yang dinamis dan sulit diramal. Perencanaan stratejik menekankan pentingnya membuat keputusan18 keputusan yang menempatkan organisasi untuk berhasil menanggapi perubahan lingkungan. Fokus perencanaan stratejik adalah pada pengelolaan stratejik, artinya penerapan pemikiran stratejik pada tugas memimpin sebuah organisasi guna mencapai maksudnya.

Pengertian lain dari perencanaan stratejik menurut (Shrader,Taylor dan Dalton,1984) adalah perencanaan jangka panjang yang tertulis dimana didalamnya terdiri dari kesepakatan misi dan tujuan perusahaan. Beberapa dimensi dari perencanaan stratejik telah dikemukakan (Frederickson,1986) menurut kategori yaitu : inisiasi proses, aturan tujuan, arti dan akhir dari hubungan, penjelasan dari pelaksanaan stratejik dan tingkat keputusan yang terintergrasi.

Menurut Philips (2000) perencanaan stratejik yang efektif pengaruhnya pada kinerja keuangan pada contoh kasus pada hotel, ditunjukkan pada peranan perilaku manajer dalam pengambilan keputusan. Studi lanjutan dari Bracker et al (1988) menyatakan hubungan antara proses perencanaan dengan kinerja keuangan pada perusahaan kecil yang terseleksi menunjukkan hasil yang signifikan.

Studi lain dari Robinson dan Pearce (1988) menganalisa pengaruh moderating dari perencanaan stratejik dalam kinerja strategi di 97 perusahaan manufaktur dengan 60 industri yang berbeda menghasilkan efek moderasi positif dan

signifikan.

Formulasi dari perencanaan stratejik dipengaruhi oleh budaya perusahaan dan perilaku manajer (Bailey,Johnson dan Daniels,2000; Haberberg dan Rieple,2001; Hart dan Banbury,1994; Lynch,2000; Miesling dan Wolfe,1985; Venkatraman,1989). Sehingga pengaruhnya dapat dilihat pada perubahan dan pengembangan suatu organisasi.

Kaitan selanjutnya mengenai pengembangan perencanaan stratejik adalah pada penciptaan keunggulan bersaing yang berkelanjutan. Hal ini tercapai ketika kemampuan manajemen dan menggunakan kreasi dan mengimplentasikan strategi agar tahan pada keunggulan yang banyak terjadi peniruan, mampu menciptakan faktor hambatan dalam jangka waktu yang lama (Bharawaj, Varadarajan dan Fahy,1993; Grant,1995; Mahoney dan Pandian,1992; Rumelt,1984).

Berdasarkan penelitian para pakar secara umum, disimpulkan bahwa perencana mengalahkan non-perencana, pemikirannya adalah bahwa perusahaan yang memiliki rencana formal lebih unggul dibandingkan dengan rencana informal, karena proses penulisan rencana mengharuskan untuk menuangkan ideide dan tujuan-tujuan untuk dipikirkan secara matang (Hopkins and Hopkins,1997; Rue dan Ibrahim,1998; Shrader et al.1989). Pendapat ini juga didukung oleh Robinson dan pearce (1984) yang dikutip oleh Shrader et al. (1989) bahwa makin rumit proses perencanaan maka makin baik pula kinerja organisasi.

Proses perencanaan terdiri dari tiga komponen utama (Armstrong, 1982 dalam Shrader et al, 1989; Robinson and pearce,1984) yaitu : (1) perumusan, yang meliputi pengembangan misi, penentuan tujuan utama, penilaian lingkungan eksternal dan internal dan evaluasi serta pemilihan alternatif; (2) penerapan; dan (3) pengendalian.

Orpen (1985) menyatakan bahwa perencanaan menguntungkan perusahaanperusahaan kecil dengan mendorong mereka untuk mencari alternatif-alternatif baru guna meningkatkan penjualan dan posisi kompetitif mereka. Menurut Bracker et al (1988) mengemukakan bahwa perencanaan yang matang menguntungkan perusahaan kecil dalam industri dinamis yang berkembang pesat. Berdasar hasil penelitian Rue dan Ibrahim (1998) dan Shrader et al (1989), menyatakan bahwa top manajer atau CEO dalam perusahaan kecil menengah mengindikasikan perencanaan perusahaan pada umumnya dikerjakan sendiri, yang artinya top manajer atau CEO sekaligus perencana. Perencanaan strategi pada berbagai keadaan usaha yang seharusnya dimiliki oleh perusahaan baik besar atau kecil. Karena dengan manajemen strategi akan dapat berfungsi sebagai sarana untuk mengkomunikasikan tujuan perusahaan serta alternatif jalan yang akan ditempuh guna pencapaian tujuan tersebut (Nurwening,1997).

Perlu diingat bahwa proses perencanaan strategi ini adalah suatu pemikiran stratejik (strategic thinking) dari para pemilik usaha. Perencanaan strategi tidak harus bersifat formal namun pemikiran stratejik ini setidaknya mensistesiskan intuisi dan kreativitas wirausaha kedalam visi masa depan (Rambat,2002). Perencanaan strategi merupakan sebuah rencana tertulis jangka panjang, yang didalamnya menyatakan misi perusahaan dan pernyataan tujuan organisasi.

Perencanaan strategi juga dianggap memberikan substansi dimana kinerja perusahaan dapat dikontrol dan diukur (Rue dan Ibrahim,1998; Shrader et al.1989). Ditambahkan pula menurut (Hopkins and Hopkins,1997) perencanaan strategi adalah sebagai proses penggunaan kriteria sistematis dan investigasi yang sangat teliti untuk merumuskan, menetapkan dan mengendalikan strategi serta mendokumentasikan harapan-harapan organisasi secara formal.

Perencanaan strategik biasanya mencakup periode waktu satu sampai lima tahun (Matthews &Scott,1995; Rue & Ibrahim,1998; Robinson and pearce,1997; Shrader et al,1984). Sehingga dapat ditarik kesimpulan bahwa perencanaan stratejik menjadi pedoman sebuah organisasi untuk tanggap terhadap lingkungan yang dinamis dan sulit diramal. Perencanaan stratejik menekankan pentingnya membuat keputusan-keputusan yang menempatkan organisasi untuk berhasil menanggapi perubahan lingkungan.

Sebagai upaya untuk meningkatkan keunggulan bersaing, perlu ditelaah lebih jauh mengenai faktor-faktor yang dapat mempengaruhi sebuah perencanaan stratejik sehingga mampu menciptakan nilai keunggulan yang kompetitif. Adapun faktor-faktor yang mempengaruhi tersebut dihipotesiskan terdiri dari variable faktor manajerial, faktor lingkungan dan kultur organisasi.
4. KONSEP MANAJEMEN SUMBER DAYA INFORMASI


KASUS 2

Permasalahan Kasus
WATER EQUIPMENT TECHNOLOGY COMPANY DI MEXICO
Water Equipment Technology Company (WETCO) adalan perusahaan manufaktur system pengolala air limbah industry yang berbasis di Chicago. Perusahaan ini beroperasi di seluruh dunia, termasuk Mexico City. Emilio Chavez adalah direktur utama dari WETCO Mexico, dan baru – batu ini telah memutuskan untuk menerapkan SPIR. WETCO Mexico memiliki operasi komputer mainframe yang besar tetapi tidak pernah memiliki suatu rencana informasi strategis. Chavez mengirimkan E-mail (surat elektronik) kepada anggota komite eksekutif lain, memberitahukan mereka mengenai maksudnya, dan menanyakan pendapat mereka. Dia telah menerima jawaban dari seluruh tiga anggota: Benito Flores, wakil direktur manufaktur dan penjualan; Juan Alvarez, wakil direktur keuangan; dan Betty Wilson, wakil direktur system informasi. Direktur Chavez membaca jawaban – jawaban E-mail tersebut:

DARI : BENITO
Saya telah banyak memikirkan SPIR sejak kita mendiskusikannya dalam pertemuan komite eksekutif terakhir. Saya inin bagian manufaktur dan penjualan mengembangkan rencana strategis kami sendiri, terlepas dari semua bagian organisasi yang lain, termasuk bagian jasa informasi. Kami memiliki sejumlah besar peralatan komputer yang kami gunakan untuk aplikasi kami sendiri, dan kami harus memiliki kebebasab untuk merencanakan bagaimana peralatan tersebut, dan peralatan tambahannya, akan digunakan di masa depan. Biarlkan Betty dan Juan berbuat hal yang sama- mengembangkan rencana strategis mereka sendiri sesuai keinginan mereka.

Dari : Juan
Terima kasih atas kesempatan untuk mengungkapkan pendapat saya. Saya pikir semua tiga wakil direktur harus bekerja sama dalam mengembangkan satu rencana strategis. Kita memmiliki hubungan kerja yang baik dan bekerja sama dalam banyak aktivitas lain. Tidak ada alasan untuk menganggap bahwa suatu pendekatan SPIR bersama tidak akan berhasil.

Dari : BETTY
Jasa informasi harus menyiapkan rencana sember daya informasi strategis untuk seluruh Polybac Mexico. Juan dan Benito telah memiliki banyak tanggung jawab dalam area mereka sendiri sehingga mreka tidak perlu diminta untuk mencurahkan waktu mereka yang berharga bagi permasalahan jasa informasi. Berikan jasa informasi seluruh tanggung jawab perencanaan strategis.
Setelah Chavez membaca ketiga jawaban itu, ia bersandar pada kursinya dan berkata : “Pertemuan komite eksekutif selanjutnya pasti akan sangat menarik”.

TUGAS
Anggaplah Anda seorang konsultan, dan direktur Chavez telah meminta Anda untuk memberi saran padanya mengenai pendekatan SPIR. Buatlah sebuah memo kepadanya yang mencakup:
• Informasikan beliau keuntungan dan kerugian dari masing – masing tiga pendekatan itu.
• Rekomendasikan pendekatan yang Anda yakin harus diterapkan. Ikhtisarkan secara ringkas alasan Anda memilih pendekatan tersebut.


BAB III
MANFAAT DAN ETIKA DARI SISTEM INFORMASI

1. PENGGUNAAN KOMPUTER DI PASAR INTERNASIONAL
1.1 MODEL PERUSAHAAN MULTINASIONAL

Perusahaan Multinasional

Perusahaan multinasional (multinational corporation) atau MNC adalah perusahaan yang beroperasi melintasi berbagai produk, pasar dan budaya. MNC terdiri dari perusahaan induk dan anak-anak perusahaan. Anak-anak perusahaan tersebut secara geografis dan masing-masing mungkin memiliki tujuan, kebijaksanaan dan prosedur tersendiri.

Istilah warisan administratif (administrative heritage) digunakan untuk menggambarkan kondisi internal seperti asset perusahaan, distribusi kekuasaan dalam struktur organisasi, budaya perusahaan, dan gaya manajemen. Bagi MNC, lingkungan/eksternal bersifat global. MNC merupakan sistem terbuka yang berusaha meminimumkan ketidakpastian yang ditimbulkan lingkungan. Ketidakpastian, adalah “perbedaan antara jumlah informasi yang diperlukan untuk melaksanakan suatu tugas dan jumlah informasi yang telah dimiliki oleh organisasi”. MNC membuat sistem pengolah informasi yang paling sesuai dengan kebutuhan mereka dari segi pengaruh lingkungan dan warisan administratif.

Jenis-jenis Struktur Organisasi MNC

Menurut William Egelhoff dari Fordham University, MNC dapat mengorganisasikan menurut divisi fungsional sedunia (worldwide functional division), divisi internasional (international divisions), wilayah geografis (geographic regions), atau divisi produk sedunia (worldwide product divisions).

Dalam divisi fungsional sedunia, anak-anak perusahaan diorganisasikan menurut jalur fungsional-manufaktur, pemasaran, dan keuangan. Bidang-bidang operasional di anak perusahaan melapor langsung ke pasangan fungsional mereka ke induk perusahaan.

Dalam divisi internasional, semua anak perusahaan di luar negeri melapor pada suatu divisi internasional MNC yang terpisah dari divisi domestik.

Dalam wilayah geografis, MNC membagi operasinya menjadi wilayah-wilayah dan tiap wilayah bertanggung jawab atas anak-anak perusahaan yang berlokasi dalam batasnya.

Dalam divisi produk sedunia, perusahaan diorganisasikan menurut jalur divisi produk, dan tiap divisi bertanggung jawab atas operasi mereka sendiri di seluruh dunia.

Dimensi-dimensi struktural pengolahan informasi

Pengolahan informasi suatu MNC dapat dipandang sebagai berada pada dua poros. Pada satu poros cenderung pada aktivitas taktis atau strategis. Di poros yang lain, pemrosesan informasi cenderung menghubungkan masalah perusahaan atau Negara dengan masalah produk.

Pemrosesan Informasi Taktis vs Strategis

Pemrosesan informasi taktis menangani transaksi harian dalam volume besar, contohnya sistem informasi akuntansi pemrosesan informasi strategis melibatkan penyaringan dan pengikhtiaran data akuntansi untuk menonjolkan masalah-masalah tingkat tinggi, contoh SIM seperti SI pemasaran, DSS.

Informasi Perusahaan dan Negara vs Informasi Produk

Informasi yang dihasilkan MNC dapat dipisahkan dalam duagolongan besar – yang satu menggambarkan produk-produk perusahaan dan yang lain menggambarkan perusahaan dan Negara tempat beroperasi perusahaan.

Contoh : Pemrosesan informasi MNC dipandang dari dua dimensi.
Masalah perusahaan dan negara Masalah produk
Pengolahan informasi taktis untuk masalah perusahaan dan negara.Contoh: mengevaluasi cara dan saat memperoleh uang di pasar internasional. Pengolahan informasi taktis untuk masalah produk.Contoh: memutuskan perubahan rutin harga produk.
Pengolahan informasi strategis untuk masalah perusahaan dan negara.Contoh: memutuskan posisi perusahaan terhadap tekanan pemerintah luar negeri atas kepemilikan lokal di anak perusahaan luar negeri Pengolahan informasi strategis untuk masalah produk.Contoh: memutuskan dukungan Litbang jangka

panjang untuk produk utama.

Perlunya Koordinasi dalam suatu MNC

Keuntungan koordinasi :

* Fleksibilitas dalam memberi respon terhadap pesaing di berbagai negara dan pasar.
* Kemampuan memberikan respon di suatu negara, atau wilayah dari suatu negara terhadap perubahan di negara atau wilayah lain.
* Kemampuan mengikuti kebutuhan pasar di seluruh dunia.
* Kemampuan mentransfer pengetahuan antar unit-unit di berbagai negara.
* Pengurangan keseluruhan biaya operasi.
* Peningkatan efisiensi dan efektivitas dalam memenuhi kebutuhan pelanggan.
* Kemampuan mencapai dan mempertahankan keragaman produk perusahaan serta cara produksi dan distribusinya.

Sistem informasi yang digunakan MNC saat mereka mengikuti empat strategi bisnis disebut sistem informasi global (global information system), atau GIS. GIS dapat didefinisikan sebagai suatu sistem yang terdiri dari jaringan-jaringan yang melintasi batas-batas negara.

Dari uraian di atas dapat disimpulkan :

1. Strategi multinasional bersifat desentralisasi.
2. Strategi global mengumpulkan pengendalian di perusahaan induk (sentralisasi).
3. Strategi internasional merupakan perpaduan sentralisasi pengendalian dari strategi global dan Desentralisasi dari strategi multinasional.
4. Strategi transnasional, baik induk dan anak perusahaan bekerja sama memformulasikan strategi dan kebijaksanaan operasi, dan mengkoordinasikan logistik agar produk mencapai pasar yang tepat. Pada strategi ini, tanggung jawab yang besar pada pengelola database induk memastikan keseragaman rancangan database di seluruh dunia.

1.2 STRATEGI BISNIS GLOBAL

Daya yang mendorong sistem informasi global pertama adalah keberhasilan economies of scale. Saat memulai penggunaan computer akan ada keuntungan-keuntungan yang tersedia. Keuntungankeuntungan ini disebut global business drivers. Global business drivers (GBD) adalah suatu entitas yang mengambil manfaat dari economies of scale dan economies of scope, serta kemudian memberikan kontribusi pada strategi bisnis global.

Dari survei pada 105 MNC di USA diidentifikasi ada 7 drivers :

* sumberdaya manusia
* operasi yang fleksibel
* rasionalisasi operasi
* pengurangan risiko
* produk global
* pasokan yang langka
* pelanggan tingkat perusahaan

Saran untuk menetapkan GBD :

* Analisis harus melibatkan eksekutif puncak perusahaan.
* Tingkat analisis seharusnya jangan terlalu tinggi. GBD yang memiliki sasaran “distribusi global”, “citra perusahaan yang menyatu”, “total quality management”, atau “wilayah Pasifik” terlalu luas untuk digunakan.
* Analisis harus menyadari perbedaan-perbedaan yang ada dalam perusahaan.
* Analisis harus menyadari perbedaan budaya yang ada antara satu anak perusahaan dengan anak perusahaan yang lain.

Permasalahan dalam Menerapkan Sistem Informasi Global

MNC yang memulai suatu proyek untuk membuat GIS akan

menghadapi sejumlah permasalahan :

1) Kendala politis

- Pembatasan pembelian dan impor perangkat keras.

- Pembatasan pemrosesan data.

- Pembatasan komunikasi data.

Pembatasan komunikasi data yang paling umum adalah pembatasan atas arus data dan lintas batas. Arus data lintas batas (transborder data flow) atau TDF adalah perpindahanmachine-readable data melintasi perbatasan negara. TDF dikelompokkan menjadi 4 jenis :

a) Data operasional, seperti data transaksi dalam SIA.

b) Data pribadi, yaitu data mengenai individu tertentu.

c) Transfer dana elektronika dari 1 negara ke negara lain.

d) Data teknik dan ilmiah.

2) Permasalahan teknologi, misalnya di tempat anak perusahaan tidak tersedia cukup catu daya yang menyebabkan listrik seringpadam.

3) Kurangnya dukungan dari manajer anak perusahaan. Sering manajer anak perusahaan sanggup menjalankan perusahaan tanpa bantuan dan menganggap standar baru sebagai hal yang tidak perlu.
1.3 STRATEGI GIS

Strategi Transnasional bagi Penerapan GIS

Karena strategi ini paling rumit, menyatukan seluruh MNC suatu sistem yang bekerja lancar, strategi penerapannya dapat menjadi model untuk menghindari kegagalan-kegagalan potensial. Strategi ini berfokus pada sejumlah hal penting yang berhubungan dengan GIS/business strategy linkage, sumberdaya informasi, pembagian data internasional, dan lingkungan budaya.

* Menghubungkan GIS dengan strategi bisnis, tim pengembangan harus :

1) Bekerjasama secara erat dengan eksekutif perusahaan untuk memahami dampak potensial GIS pada strategi bisnis global.

2) Mengerti strategi bisnis global dari tiap unit bisnis.

3) Menentukan strategi GIS global yang sesuai untuk strategi bisnis global tiap unit bisnis.

4) Menentukan tujuan dari tiap strategi GIS.

5) Mengidentifikasi aplikasi yang diperlukan untuk mencapai strategi GIS dan menentukan prioritasnya.

6) Menugaskan orang-orang yang bertanggung jawab atas penerapan aplikasi tersebut.

* Menentukan sumberdaya informasi, dalam menentukan sumberdaya informasi – H/W, S/W, personil, data, informasi serta fasilitas, tim pengembangan harus :

1) Menentukan jumlah dan lokasi pusat data regional.

2) Mengidentifikasi penjual yang dapat menyediakan produk dan jasa bagi tiap anak perusahaan.

3) Membuat spesifikasi standar H/W dan S/W yang dapat digunakan semua anak perusahaan.

4) Membuat rencana bagi satu atau beberapa unit penolong yang membantu anak perusahaan 24 jam sehari, tujuh hari seminggu.

5) Siap menghadapi keterlambatan penerapan yang tidak dialami di negara perusahaan induk.

* Menyediakan pembagian data; pembuatan sistem pemakaian bersama data (data sharing) mencakup beberapa tugas.

Tim pengembangan harus :

1) Mengembangkan suatu model data global yang mendukung tujuan bisnis global.

2) Membentuk satu kelompok yang terdiri dari para wakil perusahaan induk dan anak perusahaan untuk menetapkan standar data yang akan diterapkan di seluruh MNC.

3) Meneliti peraturan berbagai negara untuk mengetahui berbagai pembatasan atas pengolahan data dan telekomunikasi.

4) Berdasarkan penelitian tersebut, menentukan apakah data akan dikirimkan melintasi batas negara atau memprosesnya di negara tempat anak perusahaan.

5) Menerapkan database.

* Memperhatikan lingkungan budaya, untuk itu tim pengembangan harus:

1) Menyadari perbedaan budaya yang ada di antara negaranegara tempat anak perusahaan dan merumuskan pemecahan yang dapat diterima oleh semua pihak.

2) Membuat survei atas keahlian para spesialis informasi yang ada di anak perusahaan agar keahlian tersebut dapat dipergunakan secara maksimal selama penerapan.

3) Menyediakan pelatihan dan pendidikan bagi anak perusahaan.

4) Membuat program-program formal yang mempersiapkan para manajer perusahaan induk untuk bekerjasama dengan para manajer anak perusahaan, dan sebaliknya.

* Peringatan, disadari bahwa tugas-tugas dan masalah-masalah di atas bukanlah langkah-langkah yang selalu diikuti beruntun

2.IMPLIKASI ETIS DARI TEKNOLOGI INFORMASI
1.1 PENGERTIAN MORAL, ETIKA DAN HUKUM

Moral adalah tradisi kepercayaan mengenai perilaku benar atau salah

Etika adalah satu set kepercayaan, standart atau pemikiran yang mengisi suatu individu, kelompok dan masyarakat.

Hukum adalah peraturan perilaku yang dipaksakan oleh otoritas berdaulat, seperti pemerintah pada rakyat atau warga negaranya.
1.2 PERLUNYA BUDAYA ETIKA

Apakah Etika Komputer ?

Etika komputer didefinisikan sebagai analisis mengenai sifat dan dampak sosial teknologi komputer, serta formulasi dan justifikasi kebijakan untuk menggunakan teknologi tersebut secara etis. Karena itu, etika komputer terdiri dari dua aktifitas utama, dan pimpinan organisasi yang paling bertanggungjawab atas aktifitas tersebut. Kedua aktifitas tersebut adalah:

1. waspada dan sadar bagaimana komputer mempengaruhi masyarakat.

2. karena itu harus berbuat sesuatu dengan memformulasikan kebijakan-kebijakan yang

memastikan bahwa teknologi tersebut digunakan secara tepat.

Namun ada satu hal yang sangat penting, yaitu bukan hanya pimpinan puncak sendiri yang bertanggungjawab atas etika komputer; para pimpinan dilapis kedua, dan ketiga lainnya juga bertanggungajawab. Keterlibatan seluruh organisasi merupakan keharusan mutlak dalam dunia end-user computing saat ini, semua pimpinan di semua lapisan bertanggungjawab atas penggunaan komputer yang etis di area mereka; selain itu, setiap pegawai bertanggungjawab juga atas aktifitas mereka yang berhubungan dengan komputer.

Ada tiga alasan utama minat masyarakat yang tinggi pada etika komputer, yaitu:

1. Kelenturan logika (logical malleability)Kemampuan memprogram komputer untuk melakukan apapun yang diinginkan; komputer bekerja tepat dan sesuai seperti yang diinstruksikan oleh pembuat program. Kelenturan logika inilah yang bisa menakutkan masyarakat, tetapi pada dasarnya masyarakat tidak takut terhadap komputer; sebaliknya masyarakat bisa takut terhadap orang-orang yang memberi perintah di belakang komputer.

1. Faktor transformasi

Alasan kepedulian pada etika komputer ini didasarkan pada fakta bahwa komputer dapat mengubah secara drastis cara melakukan sesuatu. Sebagai contoh yang baik adalah surat elektronik (e-mail) yang tidak hanya memberikan cara berkomunikasi yang lain, tetapi memberikan cara berkomunikasi yang sama sekali baru. Transformasi seruapa dapat dilihat cara mengadakan rapat; jika pada masa lalu rapat harus dilakukan dengan berkumpul secara fisik, maka saat ini dapat dilakukan dalam bentuk konferensi video (video conference).

Faktor tak kasat mata (invisibility factors)Alasan lain minat masyarakat pada etika komputer adalah karena semua operasi internal komputer tersembunyi dari penglihatan. Operasi internal yang tidak nampak ini membuka peluang pada nilai-nilai pemrograman yang tidak terlihat (perintah-perintah yang programer kodekan menjadi program yang mungkin dapat atau tidak menghasilkan pemrosesan yang diinginkan pemakai), perhitungan rumit yang tidak terlihat (bentuk program-program yang sedemikian rumit sehingga tidak dimengerti oleh pemakai), dan penyalahgunaan yang tidak terlihat (tindakan yang sengaja melanggar batasan hukum dan etika). Oleh karena itu masyarakat sangat memperhatikan etika komputer, masyarakat
1.3 HAK SOSIAL DAN KOMPUTER STRATEGI GIS

Rencana Tindakan, Tanggung Jawab Serta Kendali Untuk Mencapai Operasi Komputer Yang Etis

Donn Parker dari SRI International menyarankan agar CIO mengikuti rencana sepuluh langkah dalam mengelompokkan perilaku dan menekankan standar etika dalam perusahaan, yaitu :

1. Formulasikan kode perilaku
2. Tetapkan aturan prosedur yang berkaitan dengan masalah-masalah seperti penggunaan jasa komputer untuk pribadi dan hak milik atas program dan data komputer
3. Jelaskan sanksi yang akan diambil terhadap pelanggar, seperti teguran, penghentian dan tuntutan
4. Kenali perilaku etis
5. Fokuskan perhatian pada etika melalui program-program seperti pelatihan dan bacaan yang di isyaratkan
6. Promosikan UU kejahatan komputer dengan memberikan informasikan kepada karyawan
7. Simpan suatu catatan formal yang menetapkan pertanggungjawaban tiap spesialis informasi untuk semua tindakannya, dam kurangi godaan untuk melanggar dengan program-program seperti audit etika.
8. Dorong penggunaan program-program rehabilitasi yang memperlakukan pelanggar etika dengan cara yang sama seperti perusahaan mempedulikan pemulihan bagi alkoholik
9. Dorong partisipasi dalam perkumpulan informasi
10. Berikan contoh

Menempatkan etika komputer dalam perspektif berbagai masalah sosial yang gawat ada sekarang ini, karena pemerintah dan organisasi bisnis gagal untuk menegakkan standar etika tertinggi dalam penggunaan komputer.

Sepuluh langkah yang dianjurkan Paker dapat diikuti CIO di perusahaan manapun untuk mengantisipasi penerapan etika jasa informasi. Organisasi SIM dipercayakan pada program komputer, pasokan, data, dokumentasi dan fasilitas yang terus meningkat ukuran dan nilainya. Kita harus memelihara standar kinerja, keamanan dan perilaku yang jelas membantu kita dalam memastikan integritas dan perlindungan berbagai aktiva ini. Karena itu, hal-hal berikut ini harus digunakan sebagai panduan dalam melaksanakan kegiatan kerja. Namun keberhasilan program ini tergantung pada kewaspadaan tiap anggota organisasi SIM pada nilai aktiva yang dipercayakan kepadanya. Harus disadari bahwa pelanggaran kepercayaan ini mengakibatkan tindakan pendisiplinan, termasuk pemberhentian.


KASUS 3

Permasalahan Kasus

The Office Works

Anda adalah Jackie Goudet, adalah salah satu spesialis informasi yang di Kanada yang akan mendapat jabatan manager EDI. Anda dipekerjakan untuk melaksanakan peeran tersebut ketika Anda memutuskan untuk berpindah dari manajemen jaringan umum ke salah satu spesialis EDI. Iklan Koran yang ditempatkan The Office Work, salah satu pengecer perlengkapan kantor terbesar, itulah yang membangkitkan minat Anda. The Office Works telah mencoba perdagangan melalui jaringanelektronik dan memutuskan untuk terjun sepenuhnya. Perusahaan itu menyewa Anda untuk memasang sistem tersebut. Dua tahun lalu, Anda mulai membangun hubungan elektronik dengan para pemasok dan produsen serta para pedagang besar perlengkapan kantor dan pelanggan (perusahaan – perusahaan yang membeli perlengkapan kantor dari The Office Works).
Segalanya berjalan lancar, dan Anda tahu membuat keputusan yang tepat ketika Anda memilih untuk menggunakan Internet untuk pertukaran data. Andalah yang memiliki ide untuk menempatkan home page di Internet dan mengaitkannya dengan berbagai home page untuk “electronic commerce” dan “EDI”. Tanggapannya luar biasa, The Office Works home page dikunjungi lebih dari 100 kali per hari.
Anda sedang berada di meja Anda di kantor pusat The Office Works ketika telepon berdering. Margaret Bennet, presiden direktur, menelepon. Margaret memberitahukan Anda bahwa beberapa eksekutif ingin memperluas jaringan EDI dan ingin agar Anda menemui mereka. Anda segera bangkit dan waktu rapat ditetapkan.

MARGARET :
Terima kasih untuk semua yang datang. Mari kita langsung ke pojok pembahasan. Sistem EDI kita telah sangat berhasil. Mungkin kita harus membiarkannya, tetapi sebagian dari Anda tertarikuntuk membuat kaitan melampaui apa yang kita miliki ke perusahaan- perusahaan yang menjual produk ke kita dan perusahaan- perusahaan yang membeli produk dari kita. John (John Burns, chief financial officer), Anda pernah mengatakan pada saya bahwa Anda ingin menggunakan jaringan elektronik untuk menyediakan informasi keuangan ke bank- bank ketika kita memohon pinjaman. Barbara (Barbara Salsa, direktur sumber daya manusia). Anda mengatakan minat yang sama untuk bertukar informasi dengan kantor – kantor penempatan tenaga kerja dan pusat – pusat penempatan tenaga kerja di universitas. Kita dapat memberitahu mereka apa yang kita inginkan dan mereka dapat memberitahu kita apa yang mereka punyai. Wilson (Wilson Priutt, CIO), saya tahu bahwa Anda ingin memiliki hubungan yang serupa dengan penjual perangkat keras dan perangkat lunak. Anda dapat mengirim permintaan untuk penawaran harga, dan mereka dapat menjawab dengan usulan. Kita bahkan mungkin memperluas jangkauan pelanggan kita dengan menyertakan perorangan yang ingin membeli untuk keperluan rumah. Dan kita mungkin bisa bertindak lebih banyak dengan saluran pemerintah, memperoleh indikator ekonomis dan statistik bisnis serta menyerahkan laporan – laporan kita kepada pemerintah secara elektronik. Mungkin ada banyak sambungan baru lain yang dapatmemperluas EDI ?

(Setiap orang melihat pada orang lain, menunggu tanggapan, tetapi tidak ada. Margaret jelas telah mempelajari kebutuhan tiap orang).

MARGARET :
Jadi, menurut Anda bagaimana kita harus bergerak? Saya rasa kita tidak perlu melakukan semuanya sekaligus. Saya sarankan kita mengidentifikasi satu area dan berkonsentrasi padanya. (Margaret melihat pada Anda). Jackie, pilihlah salah satu kaitan yang telah kita bicarakan. Pilihlah satu yang Anda rasa perlu kita terapkan. Tuliskan suatu laporan singkat yang menjelaskan : 1) Mengapa Anda memilih aplikasi tersebut. 2) Data dan informasi jenis apa yang akan di transmisikan bolak – balik. 3) Apa manfaatnya bagi The Office Works. Dapatkah Anda melakukannya ?

TOPIK DISKUSI

1. Bagaimana lingkungan menyebabkan ketidakpastian dalam suatu MNC ?
2. Pilihlah satu keuntungan dari koordinasi, dan jelaskan peran yang dimainkan sistem informasi.
3. Ketika Anda mengadakan survei keahlian dari para spesialis informasi di suatu anak perusahaan dalam rangka memaksimalkan penggunaan keahlian tersebut selama penerapan suatu GIS, keahlian apa saja yang Anda cari ?
Menyadari bahwa suatu keahlian adalah sesuatu yang Anda dapat lakukan dan pengetahuan adalah sesuatu yang Anda ketahui, apakah Anda juga mencari pengetahuan jenis tertentu?

Tidak ada komentar:

Posting Komentar